Majunya Yusril Sinyal Banyak Orang Berprestasi Dan Bersih Ingin Jadi Gubernur DKI

abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra menyatakan bakal maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta melawan Ahok.

Menanggapi majunya Yusril di Pillgub DKI tersebut, Peneliti bidang politik Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes mengatakan munculnya Yusril menjadi sinyal baik bahwa banyak orang-orang berprestasi dan bersih ingin menjadi Gubernur DKI.

Arya juga mengatakan Pilgub di DKI tak bisa disamakan dengan Pilbup Belitung Timur.

Di Belitung Timur, kakak Yusril bisa saja mengalahkan adik Ahok. Namun itu bukan berarti di Jakarta Yusril bisa mengalahkan Ahok. “Konteks Pilkada DKI dengan Pilbup Belitung Timur beda. Di sana klan politik keluarga Yusril salah satu klan yang terkuat selain keluarga Basuri,” kata Arya, Jumat (5/2/2016).

Sementara di Jakarta, kata Arya, klan Yusril tidak sekuat di Belitung Timur. Soal mesin partai juga berbeda. Di Belitung Timur mesin PBB pimpinan Yusril begitu kuat, namun di Jakarta tidak.

Perbedaan lainnya adalah soal karakteristik pemilih di Belitung Timur dan Jakarta. Di DKI keterlibatan kelas menengah dalam politik cukup kuat, ada juga faktor penetrasi media sosial dan televisi yang berperan mempengaruhi dukungan calon pemilih. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker