CSIS: Kemacetan, Isu Paling Mencemaskan Warga DKI

abadikini.com, JAKARTA – Centre for Strategic and International Studies (CSIS) melansir hasil survei terhadap sejumlah isu yang mencemaskan warga Jakarta, kemacetan menjadi isu paling dicemaskan masyarakat Ibu Kota.

Sebanyak 32,50 persen dari 400 orang sampel dalam survei ini menyebutkan soal kemacetan merupakan hal yang paling membuat mereka cemas.
Selanjutnya, isu kriminalitas menempati posisi kedua dengan 28,80 persen responden. Disusul isu korupsi dan ancaman banjir sebesar 15,50 persen.

“Isu tersebut menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi Pemda (pemerintah daerah) DKI untuk memperbaiki kinerja ke depan,” ujar peneliti CSIS, Arya Fernandes di Gedung CSIS, Jakarta, Senin, (25/1/2016).

Hasil survei itu juga menunjukkan publik merasa puas dengan kinerja Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai gubernur DKI.
Sejumlah 67 persen publik menganggap Ahok berhasil mewujudkan program Jakarta Baru yang dikampanyekan pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2012.

“Dari 67 persen kepuasan publik, sebanyak 62,75 persen di antaranya merasa Jakarta telah berubah ke arah lebih baik. Sementara 22,50 persen belum berubah dan 14,25 persen merasa sama saja,” kata Arya.

Arya mengungkapkan, mayoritas publik setuju pada perubahan pelayanan birokrasi yang cepat, pembangunan infrastruktur, dan transparasi anggaran pemerintah.

“Lebih dari 50 persen publik merasa tiga isu utama tersebut telah lebih baik tambahnya,” ujar Arya.

Survei tersebut dilakukan dengan metodologi acak (probability sampling) dengan menggunakan penarikan secara multi stage random sampling. Jumlah sampel sebesar 400 orang tersebar secara proporsional di lima kota adiministrasi DKI Jakarta.

Pengumpulan data dilakukan pada 5 hingga 10 Januari 2016 melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner. Adapun margin of error sebesar 5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (andi.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker