Hidayat Nurwahid : Pesantren Bukan Tempat Tumbuh Paham Teroris

abadikini.com, TANGERANG – Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid sepakat jika pesantren bukanlah tempat tumbuhnya paham terorisme. Ia meminta masyarakat jangan terjebak stigma negatif yang menyudutkan pesantren. Hal ini disampikan pada acara silatnas Kiyai dan alumni Pondok Pesantren Gontor

Alumnus Pondok Pesantren Gontor ini menyebut, dulu pada masa perang prakemerdekaan, para santri, kiai, serta pemimpin yang berada di pesantren berjuang untuk Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, para santri dan kiai pemimpin pesantren pun juga mengisi kemerdekaan dengan aktivitas yang luar biasa, seperti pendidikan dan aktivitas penting lainnya.
“Sehingga, tidak benar kalau pesantren dikaitkan dengan radikalisme, apalagi terorisme,” kata Hidayat.

Hidayat mengatakan, kehadiran Pondok Pesantren, Gontor khususnya, adalah sebuah fakta pesantren mengajarkan cinta Tanah Air, mengisi kemerdekaan sesuai dengan cita- cita luhur, dan menolak komunisme.

Dari fakta tersebut, Hidayat menyayangkan kalau pesantren dicurigai, justru menurutnya, pesantren harus dihormati dan diajak bersama-sama untuk menghadirkan generasi Islam yang moderat dan Islam yang memajukan bangsa.

Hidayat mengakui, alumni pesantren kini berada pada puncak-puncak kekuasaan dan meng ha dirkan kebaikan. Dari sini pula menunjuk kan pesantren tak pernah mengajarkan radikalisme, apalagi terorisme.

Sistem pendidikan pesantren, menurut Hidayat, masih relevan hingga saat ini. Apalagi, sistem pendidikan pesantren dikatakan sangat beragam. Ada yang khusus mengajarkan pendidikan agama, ada pula yang menggabungkan pendidikan umum.(andi.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker