Ahok Dapat Penghargaan Gus Dur Award 2016

abadikini.com, JAAKRTA – Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meraih penghargaan Gus Dur Award 2016 kategori tokoh politik dan pemerintahan. Penghargaan itu disampaikan putri Gus Dur, Yenny Wahid di Griya Gus Dur, Jalan Pegangsaan, Jakarta, Minggu (24/1/2015).

Yenny menyatakan, banyak kemiripan antara karakteristik Ahok dengan Gus Dur. Sikap Ahok yang berani dan tegas, kata Yenny, selaras dengan prinsip Gus Dur, yakni Ksatria.

Tak hanya itu, Ahok juga dinilai tunduk pada konstitusi dan tidak takut terhadap tekanan ekstremis serta berani dan tegas terhadap pengusaha yang tamak dan menggantungkan pada politikus pengejar rente.

“Dia (Ahok) juga banyak ngomong, sama dengan Gus Dur,” sambung Yenny.

Saat menerima penghargaan ini, Ahok mengaku banyak hal yang dipelajarinya dari sosok Gus Dur. Salah satunya dalam menyikapi pihak-pihak yang mengkritiknya terutama dari sisi agama.

Ahok berpendapat bahwa masih banyak masyarakat yang membedakan kelompok masyarakat dari sisi agamanya.

Hal tersebut sering membuat nilai-nilai pluralisme hilang di tengah masyarakat.
Karena itu, Ahok berharap Griya Gus Dur di Jalan Taman Amir Hamzah, Pegangsaan, Jakarta Pusat, bisa menghilangkan pengelompokan itu.

“Kita kan sekarang dikotak-kotakkan oleh sekelompok orang. Dengan adanya Griya Gus Dur, kita akan membangkitkan kembali nilai-nilai pluralisme dan dasar-dasar negara kita,” kata Ahok di Rumah Griya Gus Dur, Jalan Taman Amir Hamzah, Minggu (24/1/2016).

Ahok berharap rumah tersebut bisa menjadi wadah meneruskan pemikiran Gus Dur soal toleransi beragama.(asep.ak

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker