Kementerian Perindustrian Telusuri Jajanan Anak Berkemasan Kondom

abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian mendapatkan informasi tentang adanya jajanan anak yang dikemas mirip kondom. Jajanan ini kabarnya beredar luas di Bekasi, Jawa Barat.

“Kami akan kumpulkan informasi. Apa benar itu kondom? Masyarakat yang mengetahui soal ini boleh menyampaikan kepada kami,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat di Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Syarif mengatakan, dalam hal ini Kementerian Perindustrian sebagai otoritas industri di Indonesia, hanya bisa berharap bahwa informasi tersebut tidak benar-benar terjadi.

Syarif bilang, Kementerian Perindustrian berwenang memberikan izin hingga pendirian dan operasional industri makanan dan minuman (mamin). “Saat perizinan, jangankan ada unsur seperti itu (kondom), ada unsur kimia yang membahayakan saja itu tidak diperbolehkan,” kata Syarif.

Menurut dia, apabila makanan tersebut sudah beredar, pengawasannya dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), termasuk jajanan yang kemasan dalamnya mirip kondom tersebut.

Syarif mengaku belum melihat kemasan jajanan tersebut namun pihaknya akan menelusuri perusahaan yang memproduksi jajanan tersebut.

Sebelumnya, Yayasan Kita dan Buah Hati mengonfirmasi beredarnya jajanan anak yang kemasannya mirip alat kontrasepsi, kondom.”Ya benar, kami menerima laporan bahwa jajanan itu dijual di depan SD di sana,” kata pendiri YKBH Elly Risman. (andi.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker