Lawan Terorisme, Wapres JK Minta TPT MUI Dihidupkan Lagi

abadikini.com,  JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta agar Lembaga Tim Penanggulangan Terorisme (TPT) Majelis Ulama Indonesia (MUI) dihidupkan kembali. Hal ini disampaikan oleh Ketua MUI Ma’ruf Amin usai bertemu JK di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Menurut Ma’ruf, selama ini MUI tidak dilibatkan lagi dalam menanggulangi terorisme setelah Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) terbentuk.

“Kita tidak dilibatkan lagi secara institusi. Karena itu, Pak JK juga meminta supaya tim penanggulangan terorisme di MUI dihidupkan lagi. Dan kita lakukan gerakan atau langkah-langkah bersama dalam rangka menghadapi deradikalisasi,” kata Ma’ruf di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Ma’ruf menyampaikan, sebelum dibentuknya BNPT, TPT MUI juga telah memberikan edukasi di berbagai pesantren di Indonesia serta mengeluarkan fatwa haram terhadap terorisme.

Lebih lanjut Ma’ruf menjelaskan,  pemerintah perlu lebih bekerja keras dalam upaya deradikalisasi dan kontra terorisme, sehingga dapat memberikan dampak positif. Salah satu upaya yang dimaksud yakni menggelar diskusi pemahaman agama serta menerbitkan berbagai buku.

“Kalau diomongin saja dia, kata Pak JK, susah. Mereka itu orang yang tidak takut mati. Tidak takut dipenjara. Jadi satu-satunya jalan mengubah pemikirannya. Dan itu hanya bisa dilakukan dengan pendekatan agamis dan dialog,”  kata Ma’ruf. (asep.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker