Ahok : APTB Tidak Dihapus, Tapi Dipaksa Gabung Transjakarta

abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, angkutan perbatasan terintegrasi bus transjakarta (APTB) tidak akan dihapus. Namun, ia mendesak operator APTB untuk bergabung dengan PT Transjakarta.

“APTB bukan dihapus, tetapi dia dipaksa masuk ke dalam (PT) Transjakarta,” kata Ahok di Balai Kota, Selasa (12/1/2016).

Ahok mengatakan, APTB akan kalah bersaing dengan PT Transjakarta. Sebab, tarif APTB sekali naik mencapai Rp 12.000-Rp 18.000. Dia menganggap tarif itu terlampau mahal.

Sementara itu, PT Transjakarta akan memperpanjang jalur transjakarta hingga kota mitra atau Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

“Pasti kamu kalah sama saya yang tarifnya Rp 3.500. Kamu pasti nyerah,” kata ahok.

Terlebih lagi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menambah unit transjabodetabek hingga 600 unit. Saat ini, transjabodetabek yang beroperasi sekitar 80-90 unit.

Menurut Basuki, operator transjabodetabek berniat bergabung dengan PT Transjakarta serta menerapkan sistem pembayaran rupiah per kilometer.

“Kamu pilih saja, mau naik (bus) punya kami yang (tarifnya) Rp 3.500 dari Tangerang ke Jakarta enggak bayar lagi atau naik APTB? Kami lagi tunggu hitung rupiah per kilometer. Paling lambat, Juni bisa beres semuanya,” ungkap Ahok. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker