Puan : Indonesia Siap Gelar MotoGP Dan Asean Games

abadikini.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan MotoGP 2017.

Sejumlah hal teknis terkait penyelenggaraan pentas olahraga bertaraf internasional tengah dipersiapkan dengan matang.

“Prinsipnya kita (pemerintah) mendukung. Prinsipnya setelah kita kaji semua hal yang tidak menyalahi aturan dan administrasi yang ada, Indonesia siap menjadi tuan rumah Asian Games dan MotoGP,” kata Puan di Jakarta, Senin (11/1/2016).

Puan menyampaikan kesiapan pemerintah mendukung penuh dua perhelatan olahraga taraf internasional itu seusai menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak.

Terkait persiapan penyelenggaraan Asian Games, Puan menjelaskan, pembangunan wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, bakal dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Kementerian, kata Puan, bakal membangun wisma atlet di Blok C3 dan B10 Kemayoran. Sedangkan wisma atlet di Blok C2, lanjut Puan, bakal dibangun oleh PT Perumnas.

“Pada malam ini akan diumumkan kontraknya oleh kementerian. Masalah pembangunan wisma atlet akan berjalan sesuai target. Insya Allah, 9 Maret akan groundbreaking di C2 dan B10,” tutur Puan.

Puan mengatakan, pembangunan wisma atlet di Kemayoran akan melibatkan Komite Olimpiade Indonesia. Dalam kesempatan itu, Puan juga menjelaskan rencana pemerintah menyiapkan lokasi pertandingan (venue) di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

“Venue di Gelora Bung Karno akan dilakukan renovasi dan revitalisasi besar-besaran. Meski demikian, ‘heritage’ tidak akan hilang namun fasilitas yang akan dikerjakan memiliki standar internasional,” kata Puan.

 

Hadir dalam rapat koordinasi yang digelar di Kementerian PMK antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Iman Nahrawi, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir dan Direktur Utama Sirkuit Sentul Tinton Soeprapto.

Seusai rapat, Menpora Iman Nahrawi juga melaporkan kepada Puan terkait kesiapan atlet-atlet Indonesia menghadapi Asian Games.

“Kemenpora siap melaksanakan seluruh cabang olahraga,” ujar Imam. Selain melaporkan kepada Puan, lanjut Imam, dirinya juga melaporkan perkembangan ke Presiden Joko Widodo.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mempercayakan persiapan Asian Games 2018 dan MotoGP 2017 kepada Puan selaku menteri koordinator yang membawahi sejumlah kementerian, salah satunya Kemenpora.

Dalam kesempatan itu, Puan juga meminta kepada Imam agar menyiapkan atlet-atlet Indonesia agar dapat meraih kemenangan di Asian Games.

“Perlu diperhatikan juga pelatihan atlet-atlet sehingga bisa mencapai target yang kita inginkan,” tutur Puan.

Sementara itu, Tinton menyatakan, Indonesia memiliki sumber daya untuk menyelenggarakan MotoGP. Menurutnya, sirkuit sentul apabila dilakukan perbaikan sudah bisa digunakan untuk perhelatan MotoGP. (andy.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker