Presiden Jokowi Segera Lantik Gubernur Terpilih Di Istana Negara

abadikini.com, JAKARTA – Para Gubernur yang sudah terpilih pada Pilkada Serentak akan segera dilantik oleh Presiden  Jokowi di Istana, Jakarta. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan pelantikan para Gubernur terpilih tersebut hanya akan dilakukan untuk para kepala daerah tanpa sengketa.

“Bagi yang tidak ada sengketa segera dilantik di Istana. Bagi bupati dan wali kota yang juga tidak ada sengketa akan diminta Mendagri mempersiapkan semuanya,” kata Pramono di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Segera dilantiknya para kepala daerah yang telah terpilih ini merupakan langkah dari Jokowi untuk mengisi kekosongan yang ada.

Pramono juga menungkapkan bahwa Jokowi berharap tidak terjadi kevakuman pemerintahan di daerah. “Pada prinsipnya Presiden ingin tidak terjadi kevakuman terlalu lama, sehingga gubernur yang sudah terselesaikan tidak ada persengketaan di MK maka akan segera dilantik di Istana,” katanya.

Tentunya akan menjadi sebuah kehormatan bagi para Gubernur yang akan dilantik di Istana Negara, berbeda dengan Gubernur, bupati dan juga walikota yang kemenangannya tak disengketakan di mahkamah Konstitusi akan segera dilantik juga. Namun pelantikan tersebut akan dilaksanakan di kota provinsinya masing-masing.

“Karena ini pilkadanya serentak, yang tidak ada masalah secara khusus Presiden ingin memberikan kehormatan kepada bupati untuk bisa merasakan seakan-akan dilantik di Istana,” jelas Pramono. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker