Jokowi Ingin Tuntaskan Perubahan Status PTS Jadi PTN

abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal proses perubahan status 29 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjad Perguruan tinggi Negeri (PTN)  yang sudah dimulai 5 tahun yang lalu sejak 2010.

“Saya melihat bahwa kebijakan ini cukup baik yakni meningkatkan akses pendidikan dan pemerataan pendidikan tinggi di seluruh Indonesia khususnya di daerah-daerah terdepan, terluar dan tertinggal,” ujar jokowi, Rabu (6/1/2016).

Namun, lanjut Presiden, dengan pertimbangan masih adanya permasalahan yang mengiringi proses penegerian PTS-PTS itu, pemerintah telah melakukan moratorium perubahan PTS menjadi PTN terhitung sejak 1 Agustus 2014.

“Dan pada Rapat Terbatas pada Juni yang lalu, tanggal 29 Juni 2015, pemerintah juga memutuskan untuk memperpanjang moratorium peralihan PTS ke PTN,” kata Presiden.

Dalam rapat terbatas itu, Presiden meminta Menristek Dikti untuk memaparkan perkembangan penyelesaiaan permasalahan-permasalahan yang ada, baik yang berkaitan dengan lahan, serah terima aset, serta yang berkaitan dengan status dosen dan pegawai yang jumlahnya kurang lebih 4300-an orang.

“Dan saya kira itu perlu segera diselesaikan,” ujar Presiden. (asep.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker