Patung Jenderal Sudirman Di Purbalingga Roboh

kamarberita.com, PURBALINGGA- Patung Panglima Besar Jenderal Sudirman yang terletak di perempatan Terminal Bus Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (3/1/2016) pagi, roboh seacara tiba-tiba.

Saksi mata bernama Budi Suharso mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Pada saat itu dirinya sedang berjualan di Terminal Bus Purbalingga.

“Tidak ada angin, tidak ada apa-apa, tiba-tiba saja jatuh ke arah barat dan sempat menutup jalan. Beruntung tidak menimpa pengendara sepeda motor yang lewat karena saat itu pas lampu merah. Kalau tidak lampu merah, pasti ada yang kena,” katanya

Meski demikian, informasi yang diterima dari sejumlah saksi mata, peristiwa itu tidak menimbulkan korban.

Pascaroboh patung tersebut, sejumlah anggota Kepolisian Resor Purbalingga dan dinas terkait segera mengevakuasi patahan patung yang dibuat pada tahun 2004.

Selanjutnya, petugas segera membersihkan ruas jalan di sekeliling Patung Panglima Besar Jenderal Soedirman itu dari serpihan reruntuhan patung dan menutup alas patung dengan terpal.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purbalingga Sigit Subroto mengatakan bahwa pihaknya telah mengevakuasi patung yang roboh itu ke Kantor DPU Purbalingga.

“Kebetulan saya masih di luar kota. Namun, berdasarkan laporan, telah terjadi kerusakan atau pengeroposan di kaki patung sehingga akhirnya roboh karena getaran-getaran kendaraan,” katanya.

Menurut dia, pihaknya telah mengamankan sekitar lokasi patung dengan memasang pagar serta menutupnya dengan terpal.

Menyinggung soal perbaikan patung tersebut, dia mengatakan bahwa pihaknya akan mengusulkan anggarannya melalui APBD Perubahan Tahun 2016.

“Tinggi patung itu sekitar 3 meter dan tinggi alasnya mencapai 4 meter,” katanya

Ia mengaku belum mengetahui secara pasti bahan baku patung tersebut. (udin.kb)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker