Kota Makassar Sambut Tahun Baru 2016 Dengan Cara Unik

abadikini.com, MAKASSAR  – Perayaan malam Tahun Baru di Makassar dilakukan dengan cara berbeda dengan yang ada di kota lain. Di sini, akan diadakan Parade Pemadam Kebakaran.

Kalau di kota lain, biasanya hanya sekadar pesta kembang api dan meniup terompet. Tapi, kalau di Makassar, perayaan pergantian tahun nanti malam akan dimeriahkan dengan memanfaatkan 28 unit mobil pemadam kebakaran di kawasan Pantai Losari, Makassar.

Walikota Makassar Ramdhan Pomanto (Danny) saat memantau kesiapan petugas Damkar Kota Makassar, kamis sore (31/12/2015) di anjungan Pantai Losari, menyebutkan bahwa petugas pemadam akan unjuk kebolehan dengan berparade dengan sambil berkreasi menggunakan pompa airnya, dipadukan dengan pesta kembang api.

“Peringatan malam tahun baru kita rayakan dengan cara unik dan memanfaatkan tenaga-tenaga handal para petugas pemadam kebakaran dan sumber daya yang kita miliki sendiri, buat apa repot-repot segala kalau ada yang bagus kita miliki,” kata Sang Walikota.

Danny yang berlatar belakang Arsitek ini sengaja menyiapkan puluhan mobil pemadam untuk dijadikan panggung. Selain dapat menghemat biaya, sekaligus memanfaatkan momentum pergantian tahun dengan memperkenalkan 28 unit armada baru Dinas Damkar Makassar dan pembentukan relawan Bantuan Laskar Pemadam Kebakaran (Balakar) yang beranggotakan 280 orang dari 14 kecamatan yang ada di Makassar.

Kadis Pemadam Kebakaran Imran mengatakan malam nanti, anggotanya akan memamerkan kemampuannya berkreasi dengan memainkan alat semprot yang biasanya dipakai menyemprot api atau bangunan yang terbakar. Juga, dipadukan dengan suara sirene dan pencahayaan yang menarik.

“Bantuan armada baru ini merupakan kesiapan pemkot Makassar mengantisipasi bencana kebakaran dengan mempercepat respon time pada setiap peristiwa, dengan mengandalkan petugas pemadam dan relawan yang ada di tiap kelurahan,” ujar Imran.

Dalam rangka perayaan malam Tahun Baru yang dipusatkan di kawasan Pantai Losari ini, aparat kepolisian dan Dinas Perhubungan kota Makassar melakukan penutupan jalan yang mengarah ke Pantai Losari, seperti Jalan Sultan Hasanuddin, Jalan Ali Malaka, Jalan Yosef Latumahina dan Jalan Penghibur. (andi.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker