Wapres JK Ajak BUMN Ikut Melantai Di Bursa Saham

abadikini.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan penawaran sahamnya di pasar modal tahun depan. Menurut JK, tahun ini sangat minim perusahaan BUMN yang melantai di bursa saham.

Dengan masuk pasar modal, JK mengatakan perusahaan BUMN akan mendapat beberapa kelebihan.

“IPO itu punya dua fungsi, di samping meraih dana segar atau meningkatkan modalnya, juga untuk transparansinya timbul. Karena kalau terbuka itu pasti transparansinya lebih tinggi dibanding yang tertutup. Ya, karena itu juga cara mencari modal yang lebih murah,” kata JK di Gedung BEI,¬†Jakarta Rabu (30/12/2015).

JK mengatakan, kesadaran investasi di pasar modal mulai tumbuh di kalangan generasi muda. Dia menilai generasi muda Indonesia sudah mulai berangsur-angsur mengalihkan prospek investasinya dari deposito perbankan ke produk-produk pasar modal.

“Tadi kan di daerah sudah mulai semangat ingin investasi di pasar modal sudah mulai tumbuh, malah di Bali banyak mahasiswa, kita harapkan mereka bukan hanya investasi di deposito walaupun banyak kelebihan, tapi juga di bursa saham supaya mereka juga melihat pertumbuhan ekonomi secara baik,” kata JK.

JK melihat ada persaingan antara suku bunga deposito dengan keuntungan berinvestasi di pasar modal. Persaingan ini yang menyebabkan pertumbuhan pasar modal Indonesia masih minim apabila dibandingkan dengan pasar modal negara lain di ASEAN.

“Bursa, juga saya akan selalu katakan, selalu dihitung kenapa kita bursa di Jakarta pertumbuhannya rendah dibanding ini, kita baru 60 persen dibanding Singapura 120 persen, Malaysia 110 persen,” pungkas JK. (andi.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker