Gubernur Aceh Minta Masyarakat Bentuk Komunitas Siaga Bencana

abadikini.com, Darussalam –  Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta masyarakat dapat membentuk komunitas-komunitas siaga bencana di tingkat bawah, Hal ini disampaikan pada puncak peringatan 11 tahun tsunami Aceh berlangsung di Masjid Rahmatullah, Lampuuk, Aceh Besar, Sabtu 26 Desember 2015.

Dalam amanatnya, Zaini mengajak masyarakat menahan diri dari segala perbuatan merusak alam dan lingkungannya. “Mari kita jadikan momentum peringatan tsunami ini untuk melahirkan perilaku yang positif, salah satunya melalui peningkatan pengetahuan kebencanaan,” katanya  di hadapan ribuan warga.

Karena alasan itulah, gubernur kemudian mengimbau agar masyarakat di tingkat kecamatan di seluruh Aceh membentuk komunitas-komunitas peduli bencana. Komunitas ini diharapkan bisa berperan mensosialisasikan teknik-teknik penanggulangan bencana sehingga program mitigasi bencana dapat tersebar di tengah-tengah masyarakat kita.

“Jika Pemahaman masyarakat terhadap bencana cukup baik, maka upaya penanggulangan bencana dapat dijalankan dengan efektif,” kata Zaini.

Menurutnya, tujuan memperingati tragedi ini bukanlah untuk membuka kembali kesedihan dan luka lama, melainkan untuk membangkitkan semangat guna menjadikan bencana itu sebagai momentum meningkatkan keimanan kepada Allah, sekaligus menyadarkan semua agar peduli dengan pelestarian lingkungan dan selalu waspada terhadap segala jenis bencana.

Gubernur Zaini mengatakan, dunia mengakui kalau gempa bumi dan tsunami yang melanda Aceh 11 tahun silam merupakan tragedi paling memilukan dalam sejarah peradaban manusia. Bencana itu tidak hanya memporak-porandakan Aceh, tapi juga berdampak hingga ke negara lain, seperti India, Sri Lanka bahkan sebagian pantai timur Afrika. Oleh sebab itu, peringatan tsunami ini tidak hanya diadakan setiap tahun di Aceh, tapi juga di banyak negara, khususnya di negara yang merasakan dampak bencana tersebut. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker