Abdul Mutalib: Minta Pemerintah Segera Sahkan Propinsi Papua Barat Daya

Jakarta abadikini.com Papua Barat, Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Papua Barat Abdul Mutalib mengatakan Papua Barat Daya (PBD) harus segera sahkan menjadi propinsi, untuk dapat segera mempercepat pembangunan dan layanan masyarakat serta mengejar ketertinggalan dari wilayah lainnya.

“Jika Papua Barat Daya menjadi propinsi, hal ini akan dapat memperpendek koordinasi antara pemerintah propinsi dan pemerintah kabupaten/kota, serta mempercepat pembangunan di daerah tersebut”, ujarnya saat ditemui di kantor DPP PBB Jalan Raya Pasar Minggu Jakarta Selatan 24/12/2015.

Mutalib mantan ketua komisi B DPRD Kota Sorong ini mengatakan, Akses tranfortasi dari kota Sorong ke Manokwari hanya lewat udara dengan waktu tempuh penerbangan 35 menit, akses jalan Darat memang sudah ada tetapi kondisinya sangat parah, sampai saat ini belum di Aspal, kalau musim kemarau baru bisa dilalui dengan waktu tempuh 12 jam.

Mutalib juga salah satu tokoh inisiator pemekaran, mengatakan kehadiran propinsi PBD ini menjadi solusi untuk mempercepat peningkatan dan pelayanan kesejahteraan rakyat di 6 kabupaten tersebut.

Wacana pembentukan Provinsi Papua Barat Daya, merupakan aspirasi masyarakat dari 6 kabupaten yang berada di wilayah ini. Ia menilai pembentukan PBD layak dari sisi administratif, jumlah penduduk dan SDM.

Adapun 6 kabupaten/kota tersebut yakni Kabupaten Sorong, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Maybart, Kabupaten Tambrauw dan Kota Sorong.

Mutalib juga mengusulkan Kota Sorong menjadi Ibu kota Papua Barat Daya. “kalau hal itu terjadi ya kita usulkan Kota Sorong jadi ibu kota Propinsi, tambahnya. (nik.ak.)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker