Indonesia Jalin Kejasama Dengan Korea Selatan Bangun Jet Tempur

abadikini.com, JAKARTA – Kemajuan Korea Selatan (Korsel) dalam bidang industri strategis menjadi incaran untuk kerja sama. Indonesia pun incar kerja sama bangun jet tempur.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi akan melakukan kunjungan ke Korsel pada 18 Desember dan melakukan pertemuan joint commission meeting (JCM). Meskipun hubungan intens di berbagai bidang, pertemuan JCM ini sempat tersendat.

“Ini pertemuan kedua, JCM pertama 9 tahun lalu, pada 2006. Isu paling menonjol adalah bagaimana tingkatan dialog tingkat tinggi antara kedua negara, ini sedikit tersendat terutama di tingkat pejabat tinggi,” kata ¬†Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, di Ruang Palapa, Kantor Kemenlu, Jakarta, Rabu (16/12/2015)

Melalui pertemuan ini disertakan pula tim di berbagai bidang terutama ekonomi. Pemerintah Indonesia pun mendorong revitalisasi, pertemuan pejabat tingkat tinggi.

Selain itu pertemuan ini juga mendorong perdagangan dan investasi terus ditingkatkan.

“Khusus investasi, BKPM akan hadir, kita akan ada pertemuan khusus dengan beberapa pengusaha Korsel. Dengan perusahaan dan beberapa bank,” lanjutnya.

Selain itu pengembangan industri strategis juga menjadi sasaran. Korsel memiliki industri strategis yang terus berkembang. Khusus dengan Indonesia ada pembangunan tiga kapal selam.

“Kita ada mengincar pengembangn jet tempur dengan Korsel yang akan dikerjakan bersama PT DI. Ini terobosan yang kita bisa harapkan dengan Korsel,” tutur Arrmanatha.

Bidang maritim juga akan menjadi perhatian kerja sama dari kedua negara. Korsel pun akan mengirim tim ahli untuk mengkaji bidang kerja sama maritim yang bisa digali. (jhon.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker