Bahas Kerjasama Strategis, Menlu dan Menhan Ke Jepang

abadikini.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu akan melakukan kunjungan ke Jepang dalam rangka pertemuan 2+2, di Tokyo, Jepang, Kamis (17/12/2015).

Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Indonesia Edy Yusuf mengatakan, pertemuan 2+2 akan fokus pada pembahasan kerja sama strategis. Di antaranya bidang penekanan perdagangan dan investasi.

Selain itu, pelaksanaan perjanjian kerja sama ekonomi Indonesia-Jepang (IJPA), dan meningkatkan kerja sama strategis antara ASEAN-Jepang. Sementara dalam kerangka hubungan people to people, Menlu akan membahas pemberlakuan bebas visa untuk paspor diplomatik dan paspor dinas.

“Ini karena meningkatnya kunjungan kerja dari pejabat-pejabat Indonesia ke Jepang maupun pejabat dari Jepang ke Indonesia,’’ katanya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tanizaki Yasuaki mengatakan, pertemuan antara Menteri Pertahanan dan Menlu Jepang-Indonesia ini akan diadakan di Tokyo. Ia menambahkan, ini kali pertama Jepang menjadi penyelenggara pertemuan semacam ini dengan negara Asia Tenggara.

”Dalam pertemuan tersebut akan dibahas berbagai masalah internasional maupun regional seperti Laut Cina Selatan, langkah-langkah anti-terorisme, dan lain-lainnya,” kata Tanizaki . Ia berharap konsep kemitraan strategis antara Jepang dan Indonesia bisa lebih diperkuat dengan adanya pertemuan tersebut. (jhon.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker