Menlu Palestina : Kemerdekaan Tidak Bisa Dinegosiasikan

abadikini.com, JAKARTA  –  Menteri Luar Negeri Palestina Riad Al-Malki menegaskan bahwa kemerdekaan negaranya tidak bisa dinegosiasikan, menanggapi pendudukan ilegal yang dilakukan Israel selama 27 tahun sejak Palestina menyatakan merdeka pada November 1988.

“Sejak 1948 sampai hari ini, Israel memilih jalan akuisisi ilegal di wilayah kami termasuk Jerusalem dengan kekerasan, pemindahan paksa, dan kolonisasi,” kata  Riad A-Maliki dalam Konferensi Internasional tentang Palestina di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Dalam konferensi yang dihadiri 25 negara anggota Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Palestina (CEIRPP) dan 24 negara pengamat itu, ia menjelaskan bahwa dari hari ke hari warga Palestina berusaha mempertahankan tanah dan rumah mereka dari ancaman penghancuran dan penggusuran.

Pendudukan ilegal yang dilakukan dengan kekerasan tersebut menjadi sumber penderitaan yang harus dirasakan rakyat Palestina setiap hari.

“Keluarga-keluarga kami dibakar, anak-anak muda kami dibunuh di jalan-jalan,” kata Riad.

Oleh karena itu, ia menyeru negara-negara lain dan organisasi internasional untuk menghentikan kebijakan keliru dan kejahatan kemanusiaan yang dilakukan Israel.

“Negara dan institusi internasional wajib memastikan dipatuhinya hukum internasional, termasuk menghapuskan impunitas yang selama ini membuat Israel bebas bertindak di atas hukum,” kata Riad.

Riad juga mengatakan  Israel harus mematuhi Perjanjian Perbatasan 1967 yang dengan tegas mengatur bahwa Jerusalem timur merupakan ibu kota Palestina.

Sebaliknya, Israel terus berusaha mengubah status quo Jerusalem timur, yang merupakan Tanah Suci bagi tiga agama yaitu Islam, Kristen  dan Yahudi, dengan mengalihkan isu politik Israel-Palestina menjadi isu agama.

“Ketika berubah menjadi perselisihan antaragama, ini akan menjadi konfrontasi yang tidak akan pernah selesai. Ini adalah kebodohan pemikiran Netanyahu, dia berusaha mengundang seluruh Muslim dan Yahudi ke dalam pusaran konflik,” ujar Riad.

Palestina sendiri mengharapkan sebuah penyelesaian di mana Jerusalem sebagai tempat suci dan bersejarah tidak lagi menjadi sumber konflik antarkedua negara.

“Semangat rakyat Palestina dan dukungan internasional membuat kami terus mempertahankan Jerusalem. Kami ingin Jerusalem menjadi kota yang damai dan makmur di mana umat beragama dan berbeda latar belakang bisa hidup saling berdampingan,” ungkap Riad. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker