Pekan Depan KPU Tetapkan Hasil Pilkada 2015

abadikini.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menganggap telah menjalankan proses pemungutan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dengan lancar dan baik.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan hampir semua daerah kabupaten/kota dan provinsi telah selesai melaksanakan pemungutan suara pada Rabu (9/12/2015) kemarin.

“Saya kira yang sudah berjalan dari kemarin sampai hari ini (Pilkada Serentak) cukup baik, dan sesuai dengan yang kami rencanakan‎,” kata Hadar di kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015).

Hadar juga mengatakan pasca-pemungutan suara, KPU saat ini tengah melakukan proses rekapitulasi suara dengan mengumpulkan data-data dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang ada di tiap kecamatan.

“Kini mulai dari TPS, perdesa/kelurahan sedang melakukan proses rekapitulasi di kecamatan,” kata Hadar.

KPU, lanjut Hadar menargetkan proses rekapitulasi suara selesai dalam waktu tujuh hari, di mulai 10 Desember hingga 16 Desember mendatang untuk semua daerah.

Hadar menuturkan bila hasil rekapitulasi berjalan lancar dan sesuai target yang telah ditentukan, pekan depan KPU sudah bisa menetapkan pasangan calon kepala daerah yang terpilih.

“Proses rekap tujuh hari, tapi bisa saja lebih cepat. Kami perkirakan 16 Desember selesai. Sehingga, hari itu juga bisa direkap dan ditetapkan bupati/wali kota dan gubernur yang terpilih,” pungkas Hadar. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker