Indonesia Negara Pelaksana Pemilu Terbanyak Di Dunia

abadikini.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan Indonesia merupakan negara dengan pelaksanaan pemilihan umum terbanyak di dunia. Dia mengatakan, selain pemilihan presiden dan legislatif, ada 500 lebih pemilihan kepala daerah yang tersebar di seluruh Nusantara.

“Ini membuat Indonesia menjadi negara paling banyak pemilunya di dunia. Sebab, ada 500 kabupaten atau kota dan 34 provinsi,” kata JK  di Istana Wakil Presiden, Selasa, (8/12/2015).

Artinya, kata JK, dalam lima tahun Indonesia menggelar lebih dari 500 pemilu. “Sehingga lebih dari 500 pemilu selama lima tahun. Setiap minggu ada dua pemilu. Sebab, memilih bupati dan gubernur sesuai masa jabatannya,” kata JK.

JK mengatakan banyaknya pemilu itu memang membuat boros anggaran negara. Untuk efisiensi, pemerintah melalui Mahkamah Konstitusi memutuskan bahwa pemilu dilakukan secara serentak. Namun butuh waktu yang bertahap agar pelaksanaan pemilu itu dilakukan secara bertahap setiap lima tahun sekali.

Besok, Komisi Pemilihan Umum akan mulai menyelenggarakan pemilihan kepala daerah serentak. Ada 269 daerah yang akan menggelar pesta demokrasi mencari pemimpin daerahnya. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker