Gunung Bromo Keluarkan Abu Vulkanis

abadikini.com, PROBOLINGGO —  Abu vulkanis Gunung Bromo menutupi beberapa desa di Kecamatan Sukapura, Probolinggo, yang jaraknya 17 kilometer dari bibir kawah gunung berapi aktif itu, menurut Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Probolinggo.

“Kami mendapat laporan hujan abu vulkanis Gunung Bromo turun di tujuh desa di Kecamatan Sukapura karena arah angin dan petugas masih melakukan pengecekan ke lokasi setempat,”  kata Kepala BPBD Probolinggo Dwi Djoko di Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (8/12/2015).

Menurut Dwi,  BPBD Probolinggo akan membagikan masker kepada warga desa yang terkena guyuran abu vulkanis gunung dengan tinggi 2.329 meter di atas permukaan laut tersebut.

“Kami memiliki stok masker sebanyak 134 ribu masker di gudang BPBD Probolinggo, namun belum dibagikan karena hujan abu vulkanis masih sangat tipis dan arah angin yang sering berubah-ubah,” kata Dwi Djoko.

“Dalam waktu dekat akan kami bagikan masker kepada warga yang terdampak debu vulkanis Bromo itu,  sejauh ini guyuran abu Bromo belum sampai mengganggu aktivitas warga,”  kata Dwi Djoko.

Menurut data BPBD Probolinggo ada 19 desa di tiga kecamatan yang terdampak letusan Gunung Bromo, 11 desa di Kecamatan Sukapura, lima desa di Kecamatan Sumber, dan tiga desa di Kecamatan Lumbang. (mono.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker