Hasto Kristiyanto : PDIP Pecat Kadernya Yang Korupsi

abadikini.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto marah atas kelakuan anggota partai yang tidak taat pada perintah partai dan menyalahgunakan kekuasaan. Dia menyayangkan hal itu terjadi pada kader partainya. Kader partai yang terbukti korupsi segera dipecat.

Hasto menyampaikan hal itu terkait dengan ditangkapnya Ketua Komisi III DPRD Banten dari Fraksi PDIP, FL Tri Satya, dalam operasi tangkap tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kemarin.  Tri Satya ditangkap bersama dengan Wakil Ketua DPRD Banten dari Fraksi Partai Golkar SM Hartono, dan Direktur Utama PT Banten Global Development, Ricky Tapinangkol karena dugaan suap.

“Sanksi pemecatan seketika diberlakukan bagi anggota Fraksi PDIP Banten yang terkena OTT KPK. Selanjutnya yang bersangkutan bukan lagi anggota partai dan tidak akan diberikan bantuan hukum,” kata Hasto di Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Hasto menegaskan bahwa instruksi partai kepada seluruh kadernya di legislatif dan eksekutif sudah berulang kali disampaikan untuk tidak korup. Bahkan, kata dia, PDIP juga sudah memelopori rekening gotong royong untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan partai.

“Namun, kenyataannya, masih saja ada yang tidak disiplin. Korupsi adalah kejahatan kemanusiaan, dan partai ikut bertanggung jawab di dalam mencegah korupsi,” katanya.

Dalam sekolah calon kepala daerah, kata Hasto, juga telah disampaikan materi antikorupsi dan komitmen para calon kepala daerah untuk tidak korupsi. Hasto tidak mau berspekulasi‎ apakah ada motif politik di balik penangkapan tersebut, mengingat ada kesan terhadap adanya target tertentu yang ditujukan kepada partai pendukung pemerintah.

“Korupsi, ya, korupsi. Partai langsung memecat dan tidak akan pernah memberikan perlindungan”, kata Hasto. Secara kelembagaan, PDIP konsisten dalam upaya pemberantasan korupsi. Pemecatan seketika ini salah satu bentuk konsistensi tersebut.

“Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan dan memberikan arahan kepada kader untuk menjauhi praktik korupsi. Karena, akibat ulah individu, citra partai menjadi rusak,” kata Hasto. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker