Pesawat Tempur Rusia Ditembak Di Perbatasan Suriah

anadikini/com – Pesawat tempur Rusia jenis Su-24 ditembak jatuh oleh jet tempur F-16 milik Turki di dekat perbatasan Suriah. Dalam pernyataannya, militer Turki menegaskan pesawat Rusia itu telah diberi peringatan sebanyak 10 kali dalam rentang waktu 5 menit soal pelanggaran wilayah udara Turki. Bahkan Turki menyebut ada dua pesawat Rusia yang bergerak mendekati wilayah udara Turki saat itu.

Otoritas Rusia menyebut pesawat tempurnya yang ditembak jatuh militer Turki di perbatasan Suriah sebagai insiden yang sangat serius. Kendati demikian, Rusia menyatakan masih terlalu dini untuk memperkirakan dampaknya terhadap hubungan dengan Turki usai insiden ini.

“Data yang kami miliki sangat jelas. Ada dua pesawat mendekati perbatasan kami, kami memperingatkan mereka karena mereka semakin mendekat. Kami memperingatkan mereka untuk menghindari masuk ke wilayah udara Turki sebelum mereka melanggarnya, dan kami telah memperingatkan mereka berkali-kali,” tutur seorang pejabat senior Turki kepada¬†Reuters.

“Temuan kami jelas menunjukkan bahwa wilayah udara Turki telah dilanggar beberapa kali. Dan mereka (Rusia-red) melanggarnya secara sengaja,” imbuh pejabat yang enggan disebut namanya tersebut, merujuk pada pelanggaran wilayah udara Turki oleh pesawat Rusia yang pernah terjadi sebelumnya.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia, demikian juga Peskov, memastikan bahwa pesawat Su-24 yang ditembak jatuh masih berada di dalam wilayah udara Suriah. Disebutkan bahwa pesawat itu sedang mengudara di ketinggian 6 ribu meter ketika ditembak jatuh.

“Kementerian Pertahanan (Rusia) belum menyebutkan secara jelas penyebab pesawat jatuh. Tapi kami tahu dengan pasti bahwa pesawat itu ada di wilayah udara Suriah, di atas wilayah Suriah,” terang Peskov. (jhon.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker