Gempa Guncang Maluku, Banjarnegara dan Maluku Utara, Tidak Potensi Tsuname

abadikini.com, JAKARTA – Gempa berkekuatan 6.0 SR, guncang Maluku Tenggara Barat pada Sabtu 21 November 2015 sekitar pukul 16.06 WIB.

 

Pusat gempa berada di laut pada koordinat 7.48 LS,130.21 BT (129 km Barat Laut Maluku Tenggara Barat),dengan kedalaman pusat gempa berada di 78 kilometer bawah permukaan laut. Gempa tidak berpotensi tsunami.

 

“Gempa dirasakan kuat di daerah Maluku Tenggara Barat selama 5 detik dan masyarakat ada yang berhamburan keluar rumah. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pers, Sabtu (21/11/2015).

 

Sementara itu di Banjarnegara, warga dikejutkan dua kali gempa yaitu gempa 3,2 SR pada pukul 10.32 Wib dan gempa 3,4 SR pukul 12.27 Wib.

Pusat gempa di darat, 16 km tenggara dan barat daya Banjarnegara, Jawa Tengah di kedalaman 10 kilometer. Gempa mengejutkan masyarakat dan sebagian segera keluar rumah.

 

“Intensitas gempa II-III MMI dan dirasakan lemah. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut. Masyarakat dihimbau untuk melakukan pengecekan lereng perbukitan dan lingkungannya kemungkinan adanya retakan yang dapat memicu longsor saat hujan,” kata Sutopo.

 

Selain itu gempa juga terjadi Ternate. Pusat gempa yang berasal di laut dan di darat sejak Selasa(17/11/2015) hingga sekarang, masyarakat di Ternate dan Jailolo merasakan guncangan gempa hingga IV MMI.

“Tidak ada korban jiwa dan laporan kerusakan rumah,” ujar Sutopo.(udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker