PSSI Ajukan Diri Menjadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

abadikini.com, JAKARTA – Walaupun Indonesia masih kena sanski oleh FIFA, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI),  tetap mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Azwan Karim, menyebutkan bahwa Indonesia harus berbenah untuk mewujudkan hal tersebut.

“Kenapa kita kirimkan cepat, karena supaya kita sudah bisa berbenah. Masih banyak pekerjaan rumah kalau memang nanti kita jadi terpilih,” kata Azwan di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, (20/11/2015).

Pada tanggal 12 November lalu, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) berkirim surat kepada anggota-anggotanya–termasuk Indonesia– terkait undangan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. PSSI langsung mersepons undangan tersebut dengan mengirim surat balasan pada 19 November 2015.

Menurut Azwan, untuk mewujudkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, PSSI tidak bisa jalan sendiri. PSSI juga membutuhkan garansi dari pihak pemerintah.

“Kita harus memenuhi bidding agreementnya juga, salah satunya adalah adanya garansi dari pemerintah soal kesiapan kita.”

Pihak AFC akan menunggu hasil bidding agreement tersebut hingga Januari 2017 mendatang. Jika berhasil melewati tahap itu, maka pihak AFC akan meninjau kesiapan venue dan syarat-syarat yang harus dipenuhi  tuan rumah sebelum mengeluarkan keputusan pada November 2017 mendatang.

“Setidaknya harus ada minimal 8 stadion, fasilitas hotel, transportasi, semua harus serba siap.” kata  Azwan. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker