Jelang Satu Tahun Kepemimpinan Gubernur Ahok, Anggaran Jadi PR

abadikini.com, JAKARTA – Menjelang satu tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang akan jatuh pada 19 November besok, Ahok membeberkan sejumlah pekerjaan rumah (PR) yang masih harus diselesaikan hingga 2017. Ahok mengaku masalah krusial yang masih harus diperbaiki yaitu soal anggaran.

“Gue aja lupa tanggal berapa gue dilantik. PR-nya ya saya kira itu aja, sekarang yang paling krusial adalah menentukan anggaran,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Ahok memberi alasan masalah anggaran masih menjadi PR krusial untuk diselesaikan karena jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI belum mengerti bagaimana menyusun anggaran berdasarkan skala prioritas.

Ahok mengatakan,  selain itu jajaran SKPD juga belum memahami bagaimana mengalokasikan anggaran untuk pos-pos program prioritas Pemprov DKI Jakarta.

“Karena masih banyak kegiatan-kegiatan yang enggak perlu. Skala prioritas mereka masih enggak ngerti. Saya ambil contoh gini, kita butuh enggak event festival-festival di Jakarta? Butuh. Tapi perlu sekali enggak kalau uangnya enggak cukup? Enggak perlu. Kenapa? Karena festival-festival sudah dilakukan oleh swasta. Kita tinggal dukung kan,” terang orang nomor satu di DKI ini.

Menururt Ahok, contoh lain, akan jauh lebih penting jajaran SKPD mengalokasikan anggaran untuk program-program yang langsung menyasar pada warga Jakarta, semisal membuka puskesmas-puskesmas baru. Namun, hal tersebut belum terpikirkan oleh PNS DKI.

“Jadi kalau gitu lebih penting mana mengoperasikan puskesmas baru masing-masing Rp 40 miliar atau bikin festival? Mengoperasikan puskesmas dong. Kita kan mau naikin koja jadi kelas A pendidikan,” jelas Ahok. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker