PM. Australia, Malclm Turnbull Kunjungi Pasar Tanah Abang

abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, mengunjungi Pasar Tanah Abang Blok A, Kamis 12/11/2-15

siang sekitar pukul 14.15 WIB

Kedua kepala negara ini hadir di sana setelah pada pukul 12.00 WIB bertemu di Istana Merdeka. Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, langsung menyambut kehadiran Turnbull dan istri.

Setelah santap siang, keduanya yang menggunakan baju dengan jas hitam lengkap, bertolak menuju Tanah Abang.

Di sana, ratusan warga hingga pedagang yang sehari-hari di lokasi itu, berkumpul. Lebih dari pukul 14.00 siang, Jokowi dan Turnbull tiba menggunakan mobil RI-1.

Seperti biasa, Jokowi langsung menyalami warga yang berebutan di depan pintu masuk Pasar Tanah Abang Blok A. Melihat Jokowi seperti itu, PM Turnbull juga tidak mau ketinggalan. Beberapa kali PM pengganti Toni Abbot ini menyalami warga yang memadati Blok A.

Beberapa kali Jokowi mengarahkan Turnbull untuk melambaikan tangan menyapa warga yang memadati lokasi itu. Setelah itu, keduanya sempat berkeliling di lantai dasar Blok A Pasar Tanah Abang. Selang beberapa menit, Jokowi dan Turnbull mengadakan konferensi pers.

“Saya ingin mengenalkan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, sehingga masyarakat tahu betapa Indonesia dan Australia itu dekat. Sehingga masyarakat tahu. Itu saja,” kata Jokowi, Kamis 12 November 2015.

Dia juga ingin memperkenalkan Pasar Tanah Abang ke Turnbull. Sebab, Jokowi menyebut Pasar Tanah Abang sebagai pasar rakyat, tapi perkembangannya sangat terkenal di Asia.

“Saya juga ingin menunjukkan kepada perdana menteri bahwa inilah pasar rakyat. Pasar Tanah Abang yang terbesar di Indonesia di Asia,” kata Jokowi disambut tepuk tangan para pengunjung yang memenuhi Blok A.

Banyaknya warga yang memadati lokasi ini membuat suasana semakin panas. Itu juga ternyata dirasakan oleh PM Turnbull.

Dia mengaku, suasana saat blusukan dengan Jokowi ini memang hangat, walau berbeda dengan suasana hangat dari yang ia rasakan di tempat lain.

Turnbull pun menyempatkan diri untuk mengabadikan momen blusukan itu dengan kamera di telepon genggamnya. Ia lalu berselfie ria bersama Jokowi.

“Tapi lebih hangat lagi sambutan rakyatnya dan Presiden (Jokowi),” ujar Turnbull. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker