KTT ASEAN Kualalumpur, Momen Penegasan ASEAN Menjadi MEA

abadikini.com, JAKARTA – Konferensi Tingkat Tinggi Asia Tenggara (KTT ASEAN) akan digelar 21-22 November 2015 di Kuala Lumpur, Malaysia. Indonesia akan memprakarsai KTT ASEAN Timur soal kerja sama regional maritim.

“Indonesia tahun ini memprakarsai KTT Asean Timur soal kerjasama regional maritim. Tapi sampai saat ini enggak bisa dinyatakan secara resmi karena masih tahap finalisasi. Indonesia prakarsai di bidang maritim yang intinya adalah pemerintah RI adalah negara maritim dan sedang identifikasi 10 pilar kerja sama maritim,” jelas Direktur Mitra Wicara dan Antar Kawasan, Derry Aman, di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Di acara tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir dan akan mengedepankan beberapa isu. Salah satunya soal aspek pentingnya persatuan dan sentralitas ASEAN.

“Indonesia secara umum akan mengedepankan beberapa isu. Pertama soal aspek pentingnya persatuan ASEAN dan sentralitas ASEAN. Indonesia yang dianggap sebagai leader ASEAN perlu tekankan kembali hal itu. Kedua soal pentingnya visi masyarakat ASEAN setelah 2025,” ujar Derry.

Dalam pertemuan itu juga akan ada tatap muka antara para pemimpin negara ASEAN dengan pebisnis. Termasuk pertemuan pemimpin ASEAN plus 3 dengan pebisnis Asia.

“Pentingnya KTT ASEAN kali ini untuk menegaskan secara resmi bahwa pada 31 Desember ASEAN secara resmi menjadi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan juga akan disahkan visi komunitas ASEAN 2025. Selain itu ada pertemuan lain tetapi optimal soal global investor dialog para pemimpin negara ASEAN dan juga bahas Business Award ASEAN 2015,” jelas Derry. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker