Keluarga Pahlawan Dapat Tali Asih Rp.50 Setiap Tahun

abadikini.com, JAKARTA – Mulai tahun 2015 ini, keluarga pahlawan nasional akan mendapat uang sebesar Rp 50 juta dari negara. Jumlah ini meningkat dua kali lipat lebih dibanding sebelumnya yang hanya Rp 22,5 juta.

“Kepada putra-putri pahlawan, ada tali asih dari pemerintah Rp 50 juta,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Istana Negara.

Khofifah mengatakan Dana santunan tersebut akan diterima oleh keluarga pahlawan setiap tahun. Akan tetapi, negara hanya memberikan uang tali asih itu sampai generasi kedua dari pahlawan nasional. Selain uang tahunan Rp 50 juta, keluarga pahlawan nasional juga mendapat dana kesehatan Rp 3,5 juta per bulan.

“Diberikan satu kali dalam setahun Rp 50 juta mulai tahun ini sampai generasi kedua,” kata Khofifah, seusai upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional terhadap lima pejuang Indonesia, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Presiden Jokowi telah menganugerahkan gelar pahlawan nasional pada lima tokoh, yakni Bernard Wilhem Lapian (alm), Mas Iman (alm), Komjen Pol Moehammad Jasin (alm), I Gusti Ngurah Made Agung (alm) dan Ki Bagus Hadikusumo (alm). Kelimanya dikukuhkan sebagai pahlawan nasional lewat keputusan presiden (Keppres) 116/TK Tahun 2015.

Khofifah juga menjelaskan, lima tokoh yang mendapat gelar pahlawan nasional telah melalui proses panjang hingga akhirnya diberi gelar istimewa tersebut. Mulai dari pengajuan, verifikasi data, sampai harus mendapat persetujuan dari DPR. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker