Gempa 5.2 SR Guncang Pandeglang, Jakarta Ikut Bergetar

abadikini.com, JAKARTA – Jakarta dan sekitarnya juga merasakan getaran gempa pada siang tadi. Gempa yang dirasakan hanya sebentar itu berpusat di Pandeglang, Banten, pada pukul 13.14 WIB.

Laporan BMKG, gempa berkekuatan 5,2 SR berpusat di 6,80 Lintang Selatan dan 105,01 Bujur Timur. Atau tepatnya 88 km barat daya Pandeglang Banten dengan kedalaman 10 km.

“Gempa sebesar 5,2 SR dengan kedalaman 10 kilometer terjadi di 88 kilometer barat daya Pandeglang Banten siang tadi,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Andy Eka Sakia.

Ia mengatakan gempa tersebut masuk dalam kategori dangkal dan tidak berbahaya. Tetapi pihaknya tetap akan memeriksa lokasi kejadian.

“Kalau gempa terjadi di darat dengan kondisi lokasi padat penduduk dan lapisan tanah memenuhi syarat terjadinya gempa, tentunya akan berbahaya. Namun bila di tanah lapang, tentu tidak,” kata dia.

Akan tetapi jika pusat gempa menjorok ke laut, “Tidak akan terjadi tsunami karena tidak ada potensi ke arah sana,” ujar Andy

Andy mengatakan belum mendapat kabar tentang kerusakan maupun korban jiwa.

“Kami sudah menghubungi BMKG Banten untuk mengirim tim dan memeriksa lokasi untuk melihat seberapa parah dan apakah ada korban jiwa di sana,” katanya. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker