Ribuan Muslim Shalat Istisqa Nasional di Pelataran Masjid Istiqlal

abadikini, JAKARTA – Ribuan orang, termasuk Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan shalat Istisqa’ (shalat meminta hujan) di pelataran Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat Ahad (01/11/2015) pagi.

‘Pelaksanaan shalat istisqa’ tersebut diinisiasi langsung oleh Wapres dengan harapan agar Allah segera menurunkan hujan dan mengakhiri musim kemarau yang panjang di Indonesia,” demikian pernyataan Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Sekretariat Wakil Presiden Rusmin Nuryadin.

H Hasanudin Sinaga sebagai imam shalat istisqa’ nasional dan KH.Ma’ruf Amin sebagai Khatib.

Sejumlah menteri juga turut melaksanakan Shalat istisqa’, antara lain Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil serta Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir.

‘Semoga apa yang kita alami di bulan-bulan terakhir bisa diakhiri dan Allah menurunkan berkah dan anugerah dalam bentuk hujan di semua wilayah tanah air,’ kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat menyampaikan kata sambutan sebelum salat dilaksanakan.

Lukman mengatakan, shalat Istisqa’ hari ini merupakan kali kedua di Masjid Istiqlal yang sebelumnya pada 11 September lalu.

Shalat Istisqa’ yang kedua ini, imbuh Lukman, diselenggarakan atas permintaan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Meski hujan telah terjadi di sebagian wilayah Indonesia, Lukman mengatakan masyarakat harus tetap ikhtiar agar kekeringan dan bencana asap yang terjadi sejak beberapa waktu lalu segera berakhir.

Sementara itu, ribuan jamaah khusyuk mengikuti shalat istisqa’ nasional tersebut, sejak pukul 06.00 WIB. Shalat istisqa’ merupakan upaya yang dilakukan umat Muslim untuk meminta hujan. Hal itu ditujukan untuk membantu memadamkan kebakaran lahan dan hutan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker