Jusuf Kalla : Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan Bisa Bersifat Jangka Panjang

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyadari betul bahwa dampak bencana asap terhadap kesehatan warga bersifat jangka panjang. Oleh karena itu, JK menekankan agar bencana asap yang muncul akibat kebakaran lahan ini segera diselesaikan.

“Korban asap ini sebenarnya bukan hanya terjadi hari ini tetapi jangka panjang. Akibatnya kalau kita tidak selesaikan segera, asap yang dihirup itu bisa saja hari ini langsung orang sakit, tetapi bisa juga jangka panjang,” kata JK di Masjid Istiqlal, Jakarta saat selesai mengikuti shalat Istisqa, Minggu (1/11/2015).

Shalat Istisqa ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah meminta pertolongan Yang Maha Kuasa dalam menghadapi bencana asap akibat pembakaran hutan dan lahan.

JK mengatakan, anak-anak yang terkena dampak asap cenderung berpotensi mengidap penyakit lainnya ketika dewasa. Oleh karena itu, pemerintah terus memaksimalkan upaya penanggulangan bencana kabut asap ini, termasuk melakukan evaluasi.

Selain upaya pemadaman titik api, pemerintah bakal melakukan restorasi atau perbaikan fungsi lahan gambut sebagai upaya jangka panjang.

“Karena ada asap itu yang terbesar datang dari lahan gambut atau hutan jangka panjang, maka sebabnya harus diselesaikan. Tadi antara lain penyelesaiannya kebakaran dan kedua restorasi kepada gambut itu secara nasional,” jelas JK.

Menurut JK, rencana konferensi ini dikoordinasikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Panjaitan. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker