Akibat Kabut Asap 4 Bandara Terpaksa Ditutup, 35 Lainya Terganggu

abadikii.com, YOGYAKARTA – Menteri Perhubungan (menhub), Ignasius Jonan mengatakan, akibat kabut asap pembakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan, jalur penerbangan di 35 bandara di Indonesia terganggu dan empat diantaranya harus ditutup.

Hal itu diungkapkannya saat meninjau di Bandara Adisucipto, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Tapi pagi ini, ada empat yang tutup. Di Banjarmasin, Palembang, Jambi dan Kota Baru. Saat kabut asap parah, operasional 35 bandara terganggu,” ucap Jonan, Yogyakarta, Sabtu (31/10).

Keempat bandara tersebut, yakni Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, yang ditutup mulai pukul 06.57-08.00 Wita, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang ditutup antara pukul 06.02-07.30 WIB, Bandara Sultan Thaha Jambi ditutup 06.07-21.00 WIB, dan Waok Kota Baru Kalimantan Selatan tutup sekitar satu jam, mulai pukul 07.00-08.00 WIB.

Jonan mengaku, Kementrian Perhubungan tidak bisa berbuat banyak.

“Kami tidak bisa melakukan antisipasi, karena itu kewenangan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementrian LHK) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kita berharap agar semuanya bisa segera kembali seperti biasa,” ucapnya.

Menhub hari ini melakukan kunjungan kerja di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Kunjungan singkat selama 45 menit tersebut dilakukan sebelum bertolak menuju Solo. Dari Bandara Adisutjipto, Jonan bersama rombongan naik Kereta Api (KA) Prameks. (Mono.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker