Saleh P. Daulay, Pemerintah Harus Fokus Atasi Kabut Asap

abadikini.com, JAKARTA – Sebaran kabut asap semakin meluas. Akibatnya saat ini kabut asap sudah hampir merata menyebar di Sumatera dan Kalimantan.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pemerintah harus menjadikan bencana kabut asap sebagai fokus utama. Sebab, nyawa masyarakat merupakan taruhannya.

“Bencana asap akibat kebakaran lahan dan hutan perlu menjadi perhatian dan konsentrasi utama pemerintah. Pasalnya, asap yang ditimbulkan karlahut tersebut telah menyebar secara merata hampir di seluruh Sumatera dan Kalimantan, akibatnya asap tersebut telah menjadi sumber penyakit pernafasan yang mengancam kesehatan masyarakat,” kata Saleh dalam rilis yang diterima Minggu (25/10/2015).

Misal, di wilayah Tapanuli bagian selatan, mencakup Mandailing, Sidempuan, Paluta, Palas, dan Tapsel, yang beratus-ratus meter jaraknya dari sumber api, sudah terkena dampaknya. Saleh menilai, asap sudah menjadi bencana bagi masyarakat luas.

“Ini menandakan bahwa asap yang disebabkan kebakaran hutan  tidak hanya mengganggu masyarakat di sekitar lokasi kebakaran. Tetapi, asap telah menjadi bencana bagi masyarakat luas, bahkan bagi masyarakat yang tinggal jauh dari lokasi,” jelasnya.

Untuk itu, perhatian pemerintah pun perlu ditambah, tak hanya pada masyarakat yang tinggal di daerah dekat sumber api. Saleh mendorong pemerintah untuk mengambil langkah cepat dalam menangani korban.

“Melihat masifnya penyebaran penyakit akibat asap tersebut, saya meminta pemerintah untuk mengambil langkah-langkah cepat dalam menangani korban. Pemerintah tidak boleh hanya melayani para korban di daerah kebakaran lahan. Tetapi, harus ada kebijakan agar semua korban akibat asap ditangani oleh pemerintah,” Jelas  mantan Ketua Umum Pemuda Muhammmadiyah. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker