Panglima ARMABAR Siap Bantu Evakuasi Warga Korban Kabut Asap

abadikini.com – Panglima Armada Wilayah RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Ahmad Taufiq R mengatakan, pihaknya siap untuk mengerahkan kapal-kapalnya guna membantu evakuasi para korban darurat asap yang saat ini tengah terjadi di Sumatera dan Kalimantan.

“Kita siap mengerahkan kapal-kapal yang kita miliki untuk membantu evakuasi korban asap, bila ada perintah dari Panglima TNI.

“Sekarang perintah besok sudah siap,” kata Ahmad Taufiq di Markas Komando Armabar, Jakarta, Jumat (23/10/2015)

Ahmad menguraikan bahwa kapal-kapal yang berada dalam wilayah tugasnya saat ini mampu menampung antara 150 sampai 200 orang. Namun untuk pelayaran jarak dekat yang bisa ditempuh dalam 1 hari, jumlah tampungan bisa lebih dari 3 kali lipat dari kapasitas normal.

“Yang berada di pembinaan saya itu kapal-kapal landing ship tank, jenis froch. Itu bisa mengangkut sampai 600-1.000 orang kalau hanya dalam pelayaran dekat. Normalnya 150 sampai 200 orang. Tapi kan (evakuasi) itu tidak lebih satu hari kalau hanya pelayaran dekat, itu hanya untuk evakuasi ke daerah aman saja. Jadi bisa 3 kali lipat menampungnya,” kata Ahmad.

Kalau mendapat perintah untuk evakuasi, maka pihaknya akan melakukan evakuasi dari tempat asal ke daerah aman. Karena belum dapat perintah, maka belum diketahui titik-titik aman mana saja yang menjadi tujuan evakuasi.(udin/ak)

“Misalnya, yang berada di Palembang kita bawa ke arah selatan, Lampung atau ke mana, kita lihat situasinya. Kapal-kapal saya seluruhnya siap. Saya punya kapal ada 51 unit. Itu siap semua. Tapi berapa nanti yang akan digerakkan, tergantung permintaan dari komando di atas. Kalau sekarang belum ada perintah,” ujar Ahmad. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker