Dinas Dikbud Palangkaraya Perpanjang Libur Sekolah

abadikini.com, PALANGKARAYA – Libur sekolah di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, kembali diperpanjang hingga Sabtu (31/10) karena kabut asap masih pekat dan berbahaya bagi kesehatan peserta didik. Jadwal ujian tengah semester terganggu serta target materi pembelajaran pun tidak tercapai.

“Setelah rapat dengan instansi terkait seperti BLH Kota dan BPBD, kami memutuskan untuk memperpanjang libur karena udara berbahaya bagi kesehatan. Sekolah kembali masuk pada Senin, 2 November,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangkaraya Norma Hikmah, Kamis (22/10), di Palangkaraya.

Sekolah di Palangkaraya dari TK sampai SMA pernah diliburkan sejak 9 September hingga 2 Oktober 2015. Kemudian sekolah berjalan efektif seperti semula beberapa hari. Namun, pada Jumat-Sabtu, 16-17 Oktober, sekolah diliburkan dan siswa dijadwalkan kembali masuk pada Senin (19/10). Akan tetapi, saat itu pun sangat berbahaya sehingga diperpanjang hingga 21 Oktober dan dijadwalkan masuk pada Kamis (22/10) ini.

Kamis ini jarak pandang dari pagi hingga siang hanya 100-200 meter. Udara masih di level sangat berbahaya. Rata-rata konsentrasi partikulat PM 10 dari pukul 00.00 hingga pukul 11.55 tercatat di angka 1.637,326 mikrogram per meter kubik atau di atas ambang batas berbahaya, yaitu 350 mikrogram per meter kubik.

Hal itu membuat orangtua murid mengeluhkan dan khawatir terhadap perkembangan pendidikan anaknya.

“Hari ini diliburkan lagi. Padahal, anak saya sudah kelas tiga SMP dan akan ujian,” kata Neti (44), ibu dari David (14), yang bersekolah di SMP Negeri 2 Palangkaraya. (andi.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker