Toyota Motor Corp. Recall 6,5 Juta Unit

abadikini.com, JAKARTA – Toyota Motor Corp. mengumumkan kampanye perbaikan massal (recall) dengan jumlah massive, 6,5 juta unit secara global, (Rabu (21/10/2015).

Ditemukan kerusakan pada switch power window yang menimpa model-model laris termasuk Yaris (Vitz), Corolla, Camry, dan beberapa lainnya.

Jumlah sebesar itu seperti dilansir Reuters, 2,7 juta unit ada di Amerika bagian Utara, 1,2 juta unit di Eropa, dan 600.000 unit di Jepang. Sedangkan sisanya, 2 juta unit, tidak disebut menimpa kawasan mana saja. Ini yang menjadi pertanyaan, apakah Indonesia ada di dalamnya?

setelah dikonfirmasi , Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pengecakan.

”Kami sedang cek, apakah Indonesia terlibat di dalamnya. Mudah-mudahan tidak ada, tapi kalau pun ada pasti kami infokan,” kata Samulo, (21/10/2015).

Samulo menambahkan, jika memang mobil-mobil yang sudah ada di pasaran terlibat, TAM akan segera melakukan perbaikan, karena hal ini bersifat kebijakan (policy).

”Berapa lama perbaikan dan lainnya bergantung item yang akan diperbaiki jika terlibat. Kami lagi investigasi,” ucap Samulo.

Yaris, Corolla, dan Camry adalah tiga jenis mobil laris di Indonesia. Yaris misalnya, sejak generasi pertama meluncur pada 2006 silam, mobil ini menjadi salah satu petarung di kelas hatchback segmen-B yang sampai saat ini masih dicari. Corolla pun demikian, menjadi salah satu legenda sedan di Indonesia, berikut Camry.

Selain tiga model di atas, model lain yang harus diperbaiki secara massal adalah Matrix, RAV4, Highlander, Tundra, Sequoia, dan Scion xB. Mobil-mobil tersebut diproduksi antara Januari 2005 hingga Desember 2010. (jhon.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker