2 Pesawat Rusia Bantu Padamkan Api Sumatera Selatan

abadikini.com, Pangkal Pinang – Untuk menambah daya gempur water bombing atau pemboman air, pemerintah mendatangkan 2 unit pesawat amphibi Beriev Be-200 beserta 20 personel /crew pesawat dari Rusiaa untuk memadamkan hutan yang terbakar di Sumatera Selatan.

Pekatnya kabut asap yang terjadi di Palembang dikhawatirkan akan menganggu proses penerbangan yang dilakukan dua pesawat Amphibi tipe BE-200 yang didatangkan dari Rusia tu.

Untuk menghindari hal tersebut, dua pesawat yang memiliki kekuatan mesin jet tersebut akan ditempatkan di Pangkal Pinang.

“Kami sudah koordinasi dengan BNPB, dan akan kami tempatkan di Pangkal Pinang. Ini masih koordinasi dulu, karena pertimbangan kami dari sisi operasional, Pangkal Pinang itu lebih aman dari kabut asap dari pada di Palembang,” kata Komandan Landasan Udara Palembang, Letkol PNB Muhammad Riza Yudha Fahlefie, Rabu 21 Oktober 2015.

Jika dua pesawat Rusia tersebut dipaksakan berangkat dari Palembang untuk memadamkan api, proses pemadaman sendiri akan terganggu akibat asap. Selain itu, Lanud Palembang juga akan melakukan koordinasi lalu lintas di Pangkal Pinang, untuk mengambil air di Selat Bangka.

“Di selat itu ada lalu lintas laut juga. Kami akan koordinasikan dulu, membuat note system marineer. Setelah oke, kami plot tempatnya jadi aman semuanya untuk beroperasi,” kata Riza. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker