Presiden Jokowi : 16 Pabrik Baru Akan Menyerap 121.000 Tenaga Kerja

abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merilis ‘program investasi padat karya menciptakan lapangan kerja’ dalam kunjungan ke pabrik alas kaki PT Adis Dimension Footwear di Balaraja, Tangerang, Banten.

Dalam acara ini, Jokowi mengumumkan adanya pembangunan 16 pabrik baru yang akan menyerap sampai 121.000 tenaga kerja hingga setahun ke depan.

‎Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani, mengungkapkan bahwa 16 pabrik yang diumumkan Jokowi sebenarnya hanya ‘perwakilan saja’ dari pembangunan ribuan pabrik di industri padat karya.

“Selama semester I-2015 saja ada investasi baru 970 pabrik makanan dan minuman (mamin) yang dibangun, 378 pabrik tekstil,100 pabrik sepatu, dan 156 pabrik furniture. 16 pabrik itu hanya mewakili dari sekian banyak proyek padat karya,” kata Franky usai kunjungan Jokowi ke PT Adis Dimension Footwear, Tangerang, Senin (5/10/2015).

Dia beralasan hanya mengumumkan 16 dari ribuan pabrik baru karena BKPM perlu melakukan pengecekan realisasi pembangunan, ‎rencana investasi, melakukan konfirmasi pada investor, dan sebagainya.

“Untuk merilis itu kan nggak bisa sembarangan, perlu pengecekan pabriknya bagaimana, rencana investasinya, konfirmasi,” dia menjelaskan. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker