Deteksi Dini Untuk Cegah Konflik PILKADA SERENTAK 2015

abadikini.com, JAKARTA – Tjahjo Kumolo (Mendagri) sangat yakin Pilkada serentak yang akan digelar Desember mendatang berjalan dengan baik. Sebab dari pantauan pemerintah, 269 daerah yang mengikuti pilkada, tahapan-tahapannya sudah berjalan sesuai peraturan KPU dan UU.

“Pemerintah dan Mendagri optimis akan berjalan dengan baik termasuk 3 daerah yang kemarin diputuskan oleh MK satu pasangan calon, dan sudah merumuskannya. Tinggal nanti perumusan KPU di konsultasikan dengan komisi II DPR RI,” kata Tjahjo.

Tjahjo menyampaikan itu setelah menghadiri acara Seminar Sekolah Sespimmen Diklat Reguler ke-52 tentang Pilkada Serentak; Permasalahan dan Pemecahannya yang digelar di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (6/10/2015).

Dalam kesempatan itu, hadir juga pakar hukum tata negara Prof. Dr.Yusril Ihza Mahendra, Wakapolri Komjen Budi Gunawan dan Kabareskrim Komjen Anang Iskandar.

Tjahjo tak menampik soal adanya potensi kerawanan. Namun pemetaan kerawanan dan deteksi dini telah dilakukan baik oleh Kepolisian maupun Depdagri. Selain itu, kontrol dari masyarakat, pers juga dapat mengawal agar pilkada berjalan dengan damai dan aman.

“Soal ada potensi konflik wajar, saya kira dengan deteksi dini ini untuk mengeliminir sekecil mungkin adanya potensi konflik,” katanya

“Dalam seminar ini, polisi sebagai ujung tombak pengamanan, memonitor tahapan-tahapan yang ada, bersama-sama dengan Bawaslu, Satpol PP. Saya kira bisa mendeteksi indikasi-indikasi kecurangan atau keributan,” terangnya. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker