Presiden Jokowi Tegur Menterinya

abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan peringatan keras pada menteri-menterinya dalam rapat terbatas bidang perekonomian yang digelar di Kantor Presiden, Selasa siang (29/9/2015). Jokowi memperingatkan menteri agar tak takut pada bawahan dalam mengambil kebijakan terkait deregulasi.

“Kalau dari pimpinan kementerian tidak kuat mengendalikan bawahnya, eselon 1, eselon 2, apalagi terbawa arus bawahannya, sudah lupakan mengenai ini. Kalau tidak punya keberanian melakukan terbosan ini, sudah lupakan,” ucap Presiden Jokowi tegas saat mengawali rapat.

Rapat terbatas itu dihadiri beberapa menteri Kabinet Kerja, antara lain Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, serta Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

Peringatan Jokowi ini tak main-main. Sebab, saat mengawali rapat, ia nampak jengkel dengan lambannya prosedur membuka usaha di Indonesia. Menurutnya, waktu yang dibutuhkan untuk membuka usaha di Indonesia saat ini masih 52,5 hari. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Singapura yang hanya 2,5 hari dan Malaysia 5,5 hari.

“Coba itu dicatat, malu kita,” kata Jokowi.

Tak hanya itu, investor yang ingin menanamkan investasinya di Indonesia juga harus melewati sedikitnya 10 macam prosedur. Sementara Singapura dan Malaysia hanya perlu tiga prosedur. Artinya, kata Presiden, ada 70 persen prosedur perizinan yang harus segera dipangkas. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker