Mina, Peristiwa Yang Terus Berulang

Lontar Jumrah, Mina

abadikini.com, Jakarta –  Peristiwa terinjak-injaknya para jemaah haji saat menjalani prosesi ibadah haji bukan kali ini terjadi di Mina, Arab Saudi. Setidaknya, sudah delapan kali peristiwa yang sama terjadi sejak 1990.

Pemerintah Arab Saudi hingga kini tak putus melakukan perbaikan sarana dan prasana demi lancarnya ibadah haji. Namun, ancaman paling fatal di tengah kerumunan jutaan orang adalah terjatuh dan terinjak-injak. Kejadian fatal ini sudah delapan kali terjadi dalam rentang 25 tahun.

Berikut delapan peristiwa terinjak-injaknya jemaah haji yang pernah terjadi.

1990: Insiden paling fatal terjadi ketika massa berdesakan di terowongan menuju Mekkah. Sebanyak 1.426 orang tewas terinjak-injak

1994: Sekitar 270 calon haji meninggal lantaran terinjak-injak massa saat pelaksanaan ritual jumrah di Mina.

1998: Sekitar 180 calon haji terinjak-injak massa yang panik setelah beberapa di antara mereka jatuh dari jembatan layang saat pelaksanaan ritual jumrah di Mina.

2001: Sedikitnya 35 calon haji tewas terinjak-injak massa di Mina pada hari terakhir ibadah haji.

2003: Sebanyak 14 orang tewas terinjak-injak saat dua rombongan yang usai melempar jumrah bertemu dengan rombongan lain yang baru datang.

2004: Massa yang berdesakan di Mina mengakibatkan ratusan orang terinjak-injak. Sebanyak 244 orang tewas, dan ratusan lainnya cedera pada hari terakhir pelaksanaan ibadah haji.

2006: Lebih dari 360 calon haji tewas terinjak-injak massa yang tengah menjalani ritual lempar jumrah di Mina. Pada musim haji tahun itu pula, sebuah gedung delapan lantai yang berfungsi sebagai penginapan di dekat Masjidil Haram ambruk. Sedikitnya 73 orang tewas.

2015: Lebih dari 400 orang tewas terinjak-injak dalam perjalanan menuju tempat melempar jumrah di Mina. Sebuah rombongan tiba-tiba berhenti berjalan. Sementara, rombongan lain di belakang terus berjalan, mendesak dari belakang. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker