Hari Ini Telah Terjadi Gempa di Dua Kota

abadikini,com JAKARTA — sedikitnya  62 orang terluka dan 200 rumah rusak akibat gempa berkekuatan 6,8 skala Richter yang mengguncang Provinsi Papua Barat, Jumat (25/9/2015) tengah malam sekitar pukul 00.35 WIT.

Data yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sorong menyebutkan, dari 62 korban luka, 17 orang di antaranya mengalami luka berat dan 45 orang mengalami luka ringan. Saat ini, semua korban sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Sele de Solu Kota Sorong.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Manokwari Deny Putirai menyebutkan, gempa berkekuatan 6,8 skala Richter pada Jumat dini hari itu berpusat di 0,59 Lintang Selatan (LS) dan 131,27 Bujur Timur (BT) yang berjarak sekitar 31 kilometer Timur Laut Kota Sorong atau 68 kilometer Timur Laut Kabupaten Raja Ampat

Sedangkan malam ini, Jumat (25/9/2015) juga terjadi gempa di Gunungkidul, Yogyakarta. Kepala Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Mochammad Riyadi menjelaskan, gempa berkekuatan 4,6 SR berkedalaman 10 km berada di barat laut Gunungkidul, Yogyakarta tidak menyebabkan tsunami.

“Tadi pusatnya di barat laut Gunungkidul,” kata Riyadi saat dihubungi wartawan, Jumat (25/9/2015) malam.

Menurut dia, laporan yang masuk gempa dirasakan cukup kuat di wilayah Bantul, namun tidak berpotensi tsunami karena dibawah 5 SR. Ia mengatakan, gempa tersebut merupakan gempa tektonik bukan gempa vulkanik.

“Kami menghimbau masyarakat tetap tenang,” sambungnya. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker