Jenderal (pur) Sutanto Datangi KPK

Sutanto-1

abadikini.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  mengundang Mantan Kepala Polri Jenderal (Purn) Sutanto, untuk membahas rencana strategis KPK untuk periode berikutnya.

Sutanto memberikan sejumlah saran mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan KPK dalam upaya pencegahan maupun penindakan.

“Saran saya sampaikan tadi untuk bisa dilengkapi dan diakomodasi dalam renstra. Terserah dari tim penyusunan aja,” ujar Sutanto di Gedung KPK, Jakarta Rabu (16/9/2015).

Sutanto menjelaskan, pencegahan dan penindakan tindak pidana korupsi harus dilakukan secara seimbang. Sementara ini,  KPK tengah mengejar penindakan sejumlah kasus yang ditangani baik di penyelidikan, penyidikan, maupun di persidangan.

“Baru jangka panjang kita tekankan untuk pencegahan manakala masalah-masalah korupsi ini semakin berkurang,” kata Sutanto.

Pimpinan sementara KPK Johan Budi mengatakan, rencana strategi KPK yang akan dicanangkan ke depan berkaitan dengan kepentingan nasional. KPK akan melakukan sinergi antara pencegahan dan penindakan dengan tiga poin yang menjadi target.

“Pertama, natural resources (sumber daya alam). Kedua, pendapatan atau penerimaan negara, dan ketiga, yang berkaitan dengan infrastruktur yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat, seperti swasembada pangan, kesehatan, dan sebagainya,” kata Johan. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker