Taufiequrachman Ruki : Ada Ratusan Triliun Rupiah Uang Daerah di-Endapkan Di Bank

Rukiabadikini.com, MANADO – Taufiequrachman Ruki mengungkapkan bahwa ada ratusan triliun rupiah dana pemerintah daerah yang mengendap di berbagai bank termasuk di Bank Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi di Manado, Sulawesi Utara, Senin (14/9/2015).

“Ada sekitar Rp 276 Triliun uang daerah didiamkan di bank pembangunan daerah termasuk di Bank Indonesia. Semestinya uang-uang itu dibelanjakan daerah agar merangsang perekonomian masyarakat,” kata Ruki di hadapan sejumlah awak media.

Uang yang sangat besar itu termasuk transfer dana dari pemerintah pusat ke daerah yang sengaja diendapkan dulu di bank. Menurut Ruki, hal itu terungkap saat KPK melakukan rapat bersama dengan Presiden dan beberapa lembaga penegak hukum bulan lalu.

“Kepala daerah memberi alasan bahwa aparat penegak hukum menakuti-nakuti mereka dengan kriminalisasi sehingga cenderung berhati-hati mencairkan uang tersebut,” terang Ruki.

Namun, Ruki berpendapat semestinya pemerintah daerah tidak perlu takut terjerat persoalan hukum jika tetap mengikuti aturan. Menurutnya, para kepala daerah bahkan diizinkan mengambil kebijakan saat keadaan darurat sejauh berkonsultasi dengan pihak legislatif.

“Yang terjadi adalah banyak daerah sengaja menahan-nahan uang tersebut dan nanti dicairkan mendekati masa akhir tahun anggaran agar bisa melakukan penunjukan langsung,” kata Ruki. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker