Strategi KEMENAKER Menghadapi MEA 2015

Hanif Dakhiri

abadikini.com, JOGJAKARTA – Menteri Ketenagakerjaan M  Hanif Dhakiri mengungkap tiga strategi menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 yang segera dilaksanakan pada Desember 2015.

Pertama, percepatan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional  Indonesia (SKNNI) di semua sektor.

Kedua, percepatan penerapan sertifikasi kompetensi kerja bagi pekerja Indonesia yang diakui secara nasional dan internasional.

Ketiga, pengendalian Tenaga Kerja Asing (TKA) yang masuk ke Indonesia, sekaligus mendorong  pekerja Indonesia agar mampu bersaing dengan pekerja asing.

“Kalau ditanya siap atau tidak siap, saya nyatakan Indonesia siap dan harus siap menghadapi pemberlakuan MEA 2015,” kata Hanif saat membuka seminar nasional  di Universitas Negeri Yogyakarta, Sabtu (12/9).

Seminar yang bertema Strategi Pendidikan Teknologi dan Vokasional untuk merespon perkembangan industri dan ketenagakerjaan di Era MEA 2015. Seminar ini juga dihadiri oleh Dirjen Binalattas Kemnaker Khairul Anwar dan Rektor UNY Prof. Rochmat Wahab. (udin.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker