MataMassa, Aplikasi Pengawasan Pemilu Berbasis Teknologi Canggih

MataMasa a

badikini.com, JAKARTA – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Laboratory for Social Changes (iLab) meluncurkan aplikasi pemantau Pemilu, MataMassa. MataMassa bisa digunakan untuk melaporkan bentuk kecurangan saat Pilkada Serentak Desember 2015 mendatang.

Ahmad Nurhasim (ketua AJI Jakarta) menjelaskan MataMassa sebelumnya digunakan untuk memantau Pemilu Legislatif dan Presiden 2014 lalu. Aplikasi MataMassa untuk Pilkada dapat diunduh lewat telepon genggam berbasis Android, dan iOS.

Melalui MataMassa, masyarakat dapat melaporkan temuan atau kecurangan pilkada melalui telepon genggam. Laporan tersebut dapat berupa teks, foto  atau video. Kasus kecurangan yang bisa dilaporkan dalam MataMassa di antaranya politik uang, pengadaan logistik, penentuan daftar pemilih tetap, aturan main kampanye, hingga pada saat hari pemilihan

“Jika pengunduh aplikasi ini melihat ada pelanggaran pemilu, maka pengguna dapat langsung mengirimkan teks laporan, memotret atau merekam kejadian tersebut,” jelas Ahmad Nurhasim di acara peluncuran buku ‘Matamassa: Gerakan Pengawasan Pemilu Berbasis Teknologi’ di Hotel Grand Cemara Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Muhammad Irham Project Officer MataMassa, menjelaskan laporan temuan atau kecurangan yang diterima oleh MataMassa akan disaring dan diverifikasi. Sehingga laporan yang masuk tidak sembarang laporan. Ini untuk mencegah kampanye hitam dari masing-masing calon kepala daerah.

“Masyarakat dapat melaporkan pelanggaran pilkada dengan mengisi judul pelanggaran, deskripsi laporan kaidah 5W+1H, kategori pelanggaran tindak pidana, administrasi, pelanggaran lain-lain, dan data pelapor seperti nama, nomor telepon, email. Serta lokasi peristiwa.

“MataMassa akan merahasiakan data pelapor atas laporan yang sudah dipublikasikan,” kata Muhammad.

Laporan yang terkumpul akan diserahkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Nantinya Bawaslu melalui panitia pengawas pemilu (Panwaslu) di tingkat provinsi, kabupaten/kota menindaklanjuti temuan dari MataMassa.(udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker