Ekonom : China Akan Kembali Mendevaluasi Yuan

Destry-1

abadikini.com, JAKARTA – Destry Damayanti , Ekonom Kepala yang juga menjabat Direktur Eksekutif Mandiri Institut menilai masih ada kemungkinan China kembali mendevaluasi mata uangnya, Yuan.

Apabila itu terjadi, dipastikan Indonesia dan sejumlah negara di Asia Tenggara akan kembali kena dampaknya.

“Kalau ada pergerakan di sana (China), mau enggak mau kita kena. Kalau Tiongkok devaluasi terus, competitiveness Malaysia, Thailand, dan Vietnam akan berkurang. Mau enggak mau mereka ikut mendevaluasi. Saya melihat masih ada peluang devaluasi Yuan lanjutan,” ujar Destry Senin (7/9/2015).

Dia menjelaskan, pengaruh ekonomi China di kawasan Asia sangatlah besar. Bahkan, Destry menyebut China sudah menanamkan jangkar ekonominya di Asia. Dengan begitu, jika ada sedikit perubahan pada ekonomi negara tersebut, hal itu akan dirasakan oleh negara-negara Asia termasuk Indonesia.

“Trend ekonomi di Tiongkok kan masih terus memburuk, dia sudah beberapa kali menurunkan suku bunga dan ternyata enggak bisa mendorong ekonomi mereka. Mau enggak mau mereka mendorong lagi ekspornya dia dengan cara mendevaluasi Yuan lagi,” kata dia. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker