Fuad Bawazier : Pemerintah Jokowi-JK Melakukan Kesalahan Fatal

Fuad

abadikini.com, JAKARTA – Fuad Bawazier Menteri Keuangan masa era Orde baru melihat beberapa titik kesalahan fatal terhadap pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mengenaik terpuruknya ekonomi Indonesia saat ini. Menurut Fuad, kesalahan Jokowi-JK adalah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Padahal  Fuad yakin pemerintah saat itu tahu harga minyak mentah dunia akan mengalami penurunan.

“Kesalahan fatal, dan konyol. Kenapa? Sudah tahu harga BBM bakalan turun trennya. Dia malah men-trigger inflasi, jadi daya beli konsumsi turun,” ucap Fuad dalam sebuah diskusi di Jakarta Rabu malam.(26/8)

kebijakan tersebut dinilai Fuad merupakan kesalahan strategis pemerintah. Di lain pihak pemerintah tahu bahwa kekuatan roda perekonomian terbesar di Indoensia adalah konsumsi rumah tangga, kekuatan ekonomi terbesar itu dimulai dari konsumsi. Tetapi pemerintah malah menurunkan kemampuan ini.

“Kekuatan ekonomi terbesar itu dimulai dari konsumsi. Tiba-tiba mesin ini digebuk oleh pemerintah,” ujarnya.

Fuad nampaknya merasa kecewa. Lantaran harga minyak mentah waktu itu terus menurun tetapi pemerintah tidak juga melakukan evaluasi harga jual BBM. Sangat disayangkan sekali jika rakyat harus mensubsidi Negara.

“Jadi soal menaikkan harga BBM ini bukan masalah berani, tapi elo (anda) enggak ngerti. Akhirnya, kau memulai, kau yang susah, kau yang harus mengakhiri,” kata Fuad. (udin.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker