Kementerian Desa Gelar Lokakarya Bedah Konsep Tipologi Desa

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal menggelar Lokakarya ‘Membedah Konsep Tipologi Desa’ di Hotel Bidakara, Jakarta, 13-14 Juli 2015.

Sekjen Kementerian Desa Anwar Sanusi menuturkan, salah satu alasan menggelar lokakarya untuk membedah dan menentukan tipologi 74.093 desa yang ada di Indonesia.

“Desa di Indonesia itu sangat variatif dengan karakter yang berbeda-beda, untuk itu kebijakan yang diberikan pun nantinya berbeda,” kata Anwar di Bidakara, Senin (13/7).

Dengan lokakarya yang akan berlangsung dua hari, diharapkan menghasilkan tipologi desa-desa yang ada di Indonesia hingga menjadi basis data bagi Kemdesa untuk memberikan kebijakan dan program yang lebih tepat bagi setiap desa.

“Data berupa mapping itu nantinya akan menjadi dasar untuk mengambil kebijakan yang tepat untuk desa,” kata Anwar.

Anwar mengakui jika saat ini dalam penggelontoran dana desa pada tahun ini, belum ada basis data sesuai dengan karakter desa hingga kebijakannya pun disamaratakan.

Olehnya, setelah lokakarya ini, nantinya program yang akan diturunkan ke desa lebih tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan desa itu.

Peserta lokakarya ini terdiri dari unsur kementerian seperti Kemko PMK, Kemhut dan LK. Kemtan, Kemkes serta mitra kerja seperti ILO, FAO, World Bank dan Knowledge Sector Initiative.

Pemateri dalam lokakarya ini anggota DPR RI Budiman Sudjatmiko dan akademisi dari sejumlah universitas seperti IPB, Universitas Indonesia, UGM,

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker